STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN PEMASANGAN NASO GASTRIC TUBE (NGT)

1. Tahap Orientasi
Selamat pagi pak…. Bagaimana keadaan bapak pagi ini, perkenalan nama saya wayan, pagi ini saya akan membantu bapak untuk pemasangan selang lambung. Selang lambung ini akan saya masukkan ke lambung bapak melalui hidung dengan tujuan memasukan makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum bapak, lama perasat ini dilakuka kurang lebih selama 15 menit. Saya mohon kejasamanya ya pak agar tindakan ini bisa berjalan dengan lancar sehingga kebutuhan makan dan minum bapak juga cepet terpenuhi dan bapak cepat sembuh.


2. Tahap kerja
- Sebelum saya memulainya apakah ada yang ingin bapak tanyakan ?
- Maaf ya pak untuk memudahkan tindakan ini saya akan bantu bapak untuk mengatur posisi yang tepat dimana bapak tidur dengan kepala agak lebih tinggi sehingga saya dapat dengan mudah memasukkan selangnya. Nah cukup ….pak!, Meskipun saya tadi sudah mencuci tangan diluar saya juga perlu memakai sarung tangan.Sebelum saya memasukkan selang, saya akan mengukur terlebih dahulu seberapa panjang selang yang harus dimasukkan, kemudian saat saya masukkan selang, kalau misalnya bapak merasa tidak enak pada saat saya memasukkan selang nantinya bapak bisa mengangkat tangan sebagai tanda, saat selang dimasukkan bapak juga bisa sambil menelan dan bernafas melalui mulut.Nah bapak sudah mengertikan?
- Nah pak alatnya sudah siap bisa kita mulai pak tindakannya? bagian mana dari hidung bapak yang bisa dimasukkan selang,kiri atau kanan? kalau begitu saya akan mulai dengan mengukurkan selangnya dulu, selang saya beri jelly atau pelumas dulu agar bapak tidak merasakan sakit dan selang menjadi licin sehingga mudah memasukannya.
- Tolong dagu bapak agak dinaikkan sehingga saya dapat dengan mudah memasukkan selang.
- Nah selangnya sekarang sudah masuk sampai batas yang telah ditentukan , selanjutnya saya akan mengetes apakah selang benar-benar sudah masuk kelambung……, ya sudah pak…., Saya akan beri plester selangnya agar tidak muda lepas, pada bagian pipi yang mana pak ?

3. Tahap Terminasi
S : pasien mengatakan kurang nyaman tetapi masih bisa bernafas melalui hidung
O : selang dapat terpasang dengan baik ,tidak ada pendarahan
- Terima kasih ya bu atas kerjasamanya, bapak telah banyak menbantu saya sehingga saya dapat bekerja dengan tenang.
- Tolong selangnya jangan ditarik ya pak dan jepitan pada selang ini jangan dibuka.

4.Kontrak yang akan datang
Bu...,karena tindakannya sudah selesai sekarang saya mau permisi dulu dan pada saat makan siang nanti saya akan kembali lagi untuk memberikan bapak makan melalui selang ini,saya ada dikamar sebelah dan bapak boleh memanggil saya kalau ada yang dibutuhkan.

REKOMENDASI
-Sebelum difiksasi NGT tidak boleh dilepas
-Insersi NGT dengan pinset
-Fiksasi dimulai dan diakhiri dibatang hidung

0 Response to "STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN PEMASANGAN NASO GASTRIC TUBE (NGT)"

Posting Komentar

Powered by Blogger